Model Project Based Learning dalam Keterampilan Menulis Teks Prosedur Siswa SMP

Mohamad Hafrison, Agia Pedrikayana, Mita Domi Fella Henanggil

Abstract


Abstrak. Keterampilan menulis adalah keterampilan yang membutuhkan latihan secara terus menerus. Keterampilan menulis akan meningkat apabila kegiatan menulis dilakukan secara terus menerus. Dalam keterampilan menulis proses menjadi hal penting untuk melihat peningkatan yang sudah terjadi. Salah satu keterampilan menulis yang disorot dalam penelitian ini adalah keterampilan menulis teks prosedur siswa smp. Keterampilan menulis teks prosedur mereka masih tidak sesuai dengan yang diharapkan dan belum memenuhi syarat dikatakan teks prosedur. Dalam penulisan teks prosedur ini, penggunaan model project based learning. Model Project Based Learning (PjBL) atau model berbasis proyek dalam pembelajaran termasuk model yang menggunakan suatu proyek atau kegiatan sebagai media. Model pembelajaran berbasis proyek ini merupakan model pembelajaran yang berfokus pada siswa dalam meningkatkan keterampilan menganalisis secara sistematis, terstruktur, dan juga teliti dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran yang meghasilkan suatu proyek atau karya. Model PjBL ini sejalan dengan aspek yang dibutuhkan dalam kegiatan menulis yaitu proses dan menghasilkan proyek. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Data penelitian ini adalah nilai dari tulisan siswa dan kemudian dianalisis menggunakan analisis statistika. Dari hasil penelitian terbukti bahwa kelas yang menggunakan model Project Based Learning dapat meningkatkan keterampilan menulis teks prosedur siswa dibandingkan dengan kelas yang tidak menggunakan model tersebut.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24036/ls.v4i1.136

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


    

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

FBS Universitas Negeri Padang

 

Web Analytics Made Easy - Statcounter Visitor Counter