Teknik Bahasa Humor Komedian Sadana Agung dan Keterkaitan dengan Bahan Ajar Teks Anekdot

Salman Wibisono, Denik Wirawati

Abstract


Sadana Agung dikenal sebagai salah satu komika yang selalu mengusung pesan moral dalam permainan bahasa humornya. Hal ini tentu menarik untuk diteliti dan berkemungkinan untuk dijadikan salah satu media pembelajaran teks anekdot pada tingkat Sekolah Menengah. Terkait hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan teknik permainan bahasa humor Sadana Agung dalam acara Stand Up Comedy; kaitan analisis permainan bahasa humor Sadana Agung dalam acara Stand Up Comedy dengan bahan ajar teks anekdot Kelas X SMA. Subjek penelitian ini berupa acara Stand Up Comedy Season 6 Kompas TV. Objek penelitian ini yaitu permainan bahasa Sadana Agung dalam Acara Stand Up Comedy Season 6 Kompas TV. Metode pengumpulan data yang dipergunakan metode simak catat. Teknik pengumpulan data teknik sadap dengan mentranskip data yang telah disimak tersebut ke dalam bentuk teks dan dimasukan lagi ke dalam kartu data untuk didokumentasikan.  Instrumen penelitian ini adalah kedua peneliti. Realibilitas data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara mendengarkan dan menganalisis data secara berulang-ulang. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa teknik permainan bahasa humor yang terdapat dalam acara Stand Up Comedy Season 6 Kompas TV meliputi teknik permainan bahasa humor yaitu repetisi, inversi, metafora artifisial, interferensi resiplokal , homonimi, dan subtitusi artifisial. Adapun dari 45 data yang diteliti, 17 repetisi, 18 metafora artifisial, 8 homonimi dan 2 subtitusi artifisial. Terdapat keterkaitan antara teknik pemainan bahasa humor pada Sadana Agung dalam acara Stand Up Comedy dengan pembelajaran Bahasa Indonesia tingkat SMA pada KD 3.5 mengevaluasi teks anekdot dari aspek makna tersirat, dan KD 4.5 mengontruksi makna tersirat dalam sebuah teks anekdot baik lisan maupun tulis.


Full Text:

PDF

References


Asyura, Muhammad., Effendy, C., & Martono (2013). “Makna dan Fungsi Humor dalam Kumpulan Cerita Abu Nawas”. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. 3(4).

Fadilah, Emy Rizka. 2015. “Humor dalam Wacana Stand Up Comedy Indonesia Season 4 di Kompas TV” (Suatu Kajian Pragmatik). Skripsi. Yogyakarta: UNS.

Gunawan, Arya. 2016. “Kajian Pramatik dalam Wacana Humor Koala Kumal karya Raditya Dika dan Kaitannya dengan Pembelajaran Teks Anekdot di SMA” (Suatu Kajian Pragmatik). Skripsi. Yogyakarta: UAD.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Buku Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Mulyana, (2005). Kajian wacana: Teori, metode, dan aplikasi prinsip-prinsip analisis wacana. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Nasution. 2008. Kurikulum dan pengajaran. Jakarta: Bumi Askara.

Rahmanadji, D. (2007). Sejarah, teori, jenis, dan fungsi humor. Jurnal bahasa dan seni, 35(2), 213-221.

Rahmi, A., & Adek, M. (2019, April). Joke and Its Relation to Students Grammar Mastery in EFL Learning. In 3rd Asian Education Symposium (AES 2018). Atlantis Press.

Wijana, IDP. (2001). Wacana ‘Sungguh-Sungguh Terjadi’Sebagai salah satu Bentuk Wacana Rekreatif. Dalam Linguistik Indonesia: Jurnal Ilmiah MLI, Tahun, 19

YouTube. 2016. “Stand Up Comedy Season 6 Kompas TV Komika Sadana Agung” https://youtu.be/VSo-LxywI3g diunduh tanggal 17 Agustus 2020




DOI: https://doi.org/10.24036/ls.v1i2.9

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Departemen Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
FBS Universitas Negeri Padang